peluang usaha

Rabu, 10 Juli 2013

Aneka Tips Perawatan Sepeda Motor

Tips supaya air tidak masuk ke dalam selang hawa motor



Musim hujan yang turun terus menerus hampir tanpa henti, menyebabkan banjir dimana-mana. Tunggangan si roda dua pun memerlukan penanganan antisipasi dalam berbagai keadaan tidak terkecuali hal yang dianggap sepele yaitu slang hawa pada karburator

Slang hawa atau slang ventilasi ada di banyak bagian motor. Seperti di karburator, filter udara hingga di rumah CVT. Tugas slang hawa selain sebagai sirkulasi udara juga menghindari air masuk. Tapi tidak semua slang di motor aman dari air atau kotoran. “Apalagi ada beberapa tipe slang hawa yang ujungnya plong dan tidak ada pelindung atau pengaman. Resikonya genangan air atau debu gampang masuk dan terhisap.

Nah, agar air atau debu enggak gampang masuk, mending ujung slang dibentuk menyerupai klep. Caranya  : lingkaran di ujung slang direkatkan menyerupai bibir dengan cara dijepit pakai tang. Sehingga material di dalam slang bisa keluar tapi yang dari luar tidak bisa masuk.

“Cuma karena sifat slang fleksibel dan bentuknya bisa balik semula, saat bikin ujung slang biar rapat baiknya gunakan tang biasa yang ujungnya dipanaskan. Setelah merekat, bagian yang mengerucut dipotong pakai gunting. Dipastikan bentuknya akan tetap rapat.


Beberapa motor keluaran baru sudah dilengkapi dengan engine stop terutama pada motor yang mempunyai kapasitas mesin besar. Pada motor balap, engine stop sangat berguna di saat darurat. Ketika motor terjatuh, maka langsung tekan engine stop agar mesin langsung mati.

Kalau di motor harian, engine stop bisa dipakai sebagai kunci rahasia. Disimpan di bawah jok supaya motor aman dari incaran maling. Cara pemasanganya mudah dan bisa dilakukan di rumah. Ikuti langkah-langkah berikut : 
  1. Potong kabel CDI yang nyambung ke massa bodi. Penting untuk di ingatbahwa warna kabel massa tiap motor itu beda. Di Honda warna kabel massanya hijau, di Yamaha hitam dan Suzuki hitam bergaris putih. Jadi, jangan sampai salah potong.
  2. Setelah potong kabel massa CDI, ujungnya disambungkan ke dua kabel. Satu kabel disambung yang dari CDI dan satu kabel lagi disambung dengan kabel massa bodi yang dipotong itu. Supaya aman langsung diisolasi.
  3. Kemudian dari ujung dua kabel itu dipasang sakelar. Supaya rapi, gunakan solder dan timah untuk merekatkannya.
  4. Setelah disambungkan, simpan sakelar di tempat yang paling aman.

Agar lampu Tiger lebih awet dan terang


Begitu Motor Honda memasuki masa pakai 3 sampai dengan 4 tahun kerap alami kerusakan lampu. Seperti area pencahayaan yang kurang terang atau bohlam cepat putus. Apalagi ada aturan penggunaan lampu utama siang hari, pasti cukup menguras power accu. Risiko lainnya, usia lampu yang juga makin pendek karena penggunaan siang-malam secara terus menerus. Makanya perlu pengecekan agar lampu tahan lama atau bahkan lebih terang dari kondisi standar.

Dari beberapa kasus kalau bukan sepul, biasanya kiprok yang kerap rusak. “Dalam kondisi standar, kiprok paling awet 3-4 tahun. Tapi, kalau sudah banyak pakai perangkat lampu variasi biasanya masa pakai menjadi lebih pendek.

Kalau kita lihat dengan teliti, memang pengguna Honda Tiger ini selalu ingin tampil gagah dengan pasang atribut variasi lampu. Ditambah pemakaian klakson variasi juga yang menyedot accu cukup besar. Makanya bisa berimbas juga pada kelistrikan lainnya misalnya kiprok.

Gejala kiprok yang sudah rusak atau aus bisa dideteksi oleh pengguna Tiger sendiri. Biasanya cahaya lampu depan atau belakang tidak stabil. Bisa juga baru ganti lampu baru tapi putus lagi. Ketika ganti lampu baiknya pakai yang original. Bohlam original memang sedikit lebih mahal kan tetapi untuk masalah kekuatan akan lebih awet. Jadi, jangan tanggung kalau mau ganti lampu bohlam. Utamanya ganti kiprok juga harus original.
 
Kemudian trik lainnya yaitu dengan memakai  headlamp punya mobil merek Autopal. Pakai headlamp ini lebih terang dari pada yang original bahkan. Ketika pengguna kiprok dan lampu sudah waktunya ganti bisa jadi salah satu solusi pakai headlamp mobil ini. Hal ini cukup mampu untuk bertahan, tapi kalau dibandingkan dengan yang original akan tetap lebih awet bohlam dan headlamp yang original.

Tips cara mencegah karat dengan cat kuku


Bagi anda yang sudah punya istri, coba sekali-kali cek kotak perhiasannya mungkin saja disana anda bisa menemukan cat kuku atau biasa disebut kutek. Tapi tahukah anda bahwa cat kuku (kutek) dapat pula digunakan sebagai anti karat pada motor anda? Terkhusus lagi karat pada drat mur dan baut.
Pada saat membuka mur atau baut di motor apalagi yang jarang dibuka seperti baut handle gigi atau shock sering kali susah untuk dibuka. Kalau dipaksakan kunci pas maupun kunci ring pun kadang rusak dan lebih parahnya lagi baut jadi patah atau dol.
Sebagian besar, penyebabnya, adalah karat yang berada di dalam mur. Karat ini berasal dari air yang menyusup melalui drat baut dan terperangkap di mur. Bisa karena motor kehujanan, atau karena motor yang rajin dicuci. Karena air itu terperangkap di dalam mur yang berbahan besi, lama-kelamaan teroksidasi dengan udara. Jadilah karat. Karat ini membuat mur dan baut makin menempel dan susah dilepas.
Agar mur dan baut gampang dilepas, caranya adalah dengan mencegah terjadinya karat di dalam mur. Gampang kok, cukup dengan cat kuku dan sudah teruji. Cara pakainya adalah dengan menguaskan cat kuku pada bibir mur setelah terpasang pada baut. Biarkan hingga mengering. Ulangi bila perlu sampai menutup celah yang bakal dilalui air. Jadi logikanya adalah cat kuku yang telah mengering dapat menghambat masuknya air ke celah mur atau baut sehingga dapat mencegah terjadinya karat.
Nah, rupanya istilah mencegah lebih baik dari pada mengobati juga berlaku untuk motor anda! Selamat mencoba…

Cara mengatasi suara ngelitik pada Supra X125

Penting untuk mencermati asap putih yang keluar dari knalpot motor anda yang biasanya juga diikuti dengan suara ngelitik pada blok mesin. Apabila penyakit yang ada sudah pada stadium lanjut, maka oli mesin akan sangat berkurang bahkan habis dan piston pun bisa macet. Kejadian seperti ini  menandakan bila piston atau seher sudah harus diganti. Contohnya pada motor Honda Supra X125. Honda bebek 125cc tersebut menggunakan piston 52,4mm dan jarak atau clereance antara piston dan liner bermain di 0,050mm. 

Jika clereance sudah melebihi batas sebaiknya segera melakukan penggantian piston dengan diameter yang lebih besar satu tingkatan yang biasa disebut dengan over size. Untuk melakukan over size ini tentu tidak boleh sembarangan sebab bisa saja terjadi suara ngelitik pada blok mesin yang seharusnya tidak terjadi. Untuk penggantian piston yang pertama kali, gunakan piston over size 25. 

Setelah dipasang, lalu hidupkan mesin motor anda. Bila timbul suara ngelitik pada mesin yang suaranya pun beragam, baik berupa suara seher yang mentok head sampai suara klep yang kendor. Silahkan periksa seher apakah lebih seret? Apabila ya, dan timbul baret pada linner yang berbentuk melingkar, disarankan kepada anda untuk membawa seher dan blok silinder ke tukang bubut terdekat. Ingat, pada saat pembubutan perhatikan diameter blok silinder agar dibuat ngeplos sampai seher jatuh dari lubang silinder. Biasanya ini terjadi dikarenkankualitas seher yang kurang baik apalagi bila anda memakai seher yang bukan aslinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar